TUGAS
SEKRETARIS
1.
Berdasarkan ruang lingkup tugas sekretaris dikelompokkan menjadi 8(delapan)
yaitu:
a.
Tugas-tugas Rutin
Yaitu tugas-tugas yang dikerjakan
setiap hari tanpa perintah. Tugas ini meliputi:
§ Membuka surat.
§ Menerima dikte.
§ Menerima tamu.
§ Menerima telepon.
§ Menyimpan arsip/surat.
§ Menyusun dan membuat jadwal kegiatan pimpinan.
b. Tugas-tugas Khusus
Yaitu tugas yang diperintahkan
langsung oleh pimpinan kepada sekretaris dengan penyelesaiannya secara khusus.
Tugas ini diberikan karena adanya unsur kepercayaan bahwa tugas sekretaris
mampu menyimpan rahasia perusahaan. Tugas ini meliputi:
§ Mengonsep surat perjanjian kerjasama dengan relasi atau instansi luar.
§ Menyusun surat rahasia (confidential).
§ Menyusun acara pertemuan bisnis.
§ Pembelian kado atau cindera mata.
c.
Tugas-tugas istimewa
Yaitu tugas yang menyangkut
keperluan pimpinan, antara lain:
§ Membetulkan letak atau posisi alat tulis pimpinan serta perlengkapan
yang diperlukan.
§ Bertindak sebagai penghubung untuk meneruskan informasi kepada relasi.
§ Mengingatkan pimpinan membayar iuran atau asuransi dari suatu badan atau
instansi.
§ Memeriksa hasil pengumpulan dana atau uang muka dari instansi yang
diberikan sebagai dana kesejahteraan.
§ Menghadiri rapat-rapat dinas, sebagai pendamping pimpinan selama
mengadakan pertemuan bisnis.
§ Mengadakan pemeriksaan peralatan kantor, mana yang perlu diperbaiki dan
mana yang tidak perlu diperbaiki atau penambahan alat-alat dan sarana kantor.
d. Tugas
Sosial
Tugas sosial, meliputi:
§ Mengurusi Rumah tangga kantor.
§ Mengatur penyelenggaraan resepsi untuk kantor pimpinan beserta
pengurusan undangannya.
e. Tugas
Keuangan
Biasanya
sekretaris mengurusi keuangan
yang dinamakan petty cash (uang cadangan/kas kecil). Tugas keuangan ini
antara lain:
§ Menangani urusan keuangan pimpinan di Bank, misalnya: penyampaian
penyimpanan uang di Bank, penarikan cek, pengambilan uang dari Bank.
§ Membayar rekening-rekening, pajak, sumbangan dana atas nama pimpinan.
§ Menyimpan catatan pengeluaran sehari-hari untuk pimpinan dan penyediaan
dana untuk keperluan sehari-hari.
f. Tugas
Resepsionis
Tugas sekretaris sebagai
resepsionis, yaitu:
1.
Menerima dan menjawab telepon serta mencatat pesan-pesan lewat telepon.
2.
Menerima tamu yang akan bertemu dengan pimpinan.
3.
Mencatat janji-janji untuk pimpinan.
4. Menyusun
acara kerja sehari-hari pimpinan.
g. Tugas
insidental
Tugas ini
merupakan pekerjaan yang tidak rutin dilakukan oleh sekretaris meliputi:
§ Menyiapkan agenda rapat, menyiapkan laporan, menyiapkan pidato atau pernyataan
pimpinan.
§ Membuat ikhtisar dari berita-berita dan karangan yang termuat dalam
surat kabar, majalah, brosur, dan media-media lain yang ada kaitannya dengan
kepentingan perusahaan.
§ Mengoreksi bahan-bahan cetakan, misal: brosur, undangan, formulir, dan
daftar yang dikonsep oleh perusahaan.
§ Mewakili pimpinan dalam berbagai resepsi atau pertemuan.
h. Tugas
sekretaris dalam Business Meeting (pertemuan bisnis)
Pertemuan
bisnis (Business Meeting) ini terjadi ketika dua orang atau lebih saling
menerima dan memberi sesuatu berupa informasi, menyimak kembali kemajuan,
memecahkan masalah dan menciptakan yang baru. Tugas inilah yang cukup berat dan
melelahkan bagi sekretaris untuk mengorganisir pertemuan-pertemuan tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar